Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa Hiperbola pada lirik lagu dengan data dari album Brand New Eyes oleh Paramore dengan jumlah dua belas lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis Hiperbola serta makna pada lagu tersebut. Penelitian ini dilakukan pada lirik lagu Paramore pada album Brand New Eyes dengan jumlah lagu sebanyak dua belas lagu. Teori yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah teori dari Claridge yang menjelaskan tentang jenis-jenis Hiperbola tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbentuk penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah metode simak dengan teknik sadap, teknik simak bebas libat cakap, teknik catat. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode referensial dengan alatnya referensi bahasa itu sendiri. Hasil dari penelitian ini adalah identifikasi dari data yang termasuk jenis hiperbola 37 data dengan rincian sebagai berikut: 7 kata tunggal hiperbola, 13 frasa hiperbola, 12 klausa hiperbola, 1 hiperbola perbandingan dan 4 pengulangan hiperbola. Kata kunci: hiperbola, lirik lagu.