Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Handout Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas X SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Dian, Erika Mayasari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6384/4/14010086-DIAN%20ERIKA%20MAYASARI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6384/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6384/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6384/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6384/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam belajar. Hal ini terlihat saat guru menyuruh siswa berdiskusi hanya sebagian siswa yang serius dan bekerja sama dengan kelompoknya, masih banyak siswa yang tidak mengajukan pertanyaan ataupun mengeluarkan pendapat, siswa kurang memperhatikan saat guru menyampaikan materi, selain itu juga disebabkan oleh faktorketerbatasan buku sumber belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modelpembelajaran discovery learning disertai handout terhadap hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotor siswa biologi Kelas X SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Group Postest Only Design. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas X SMAN 1Pasaman Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen X MIPA 3 dan kelas kontrol X MIPA 4 yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan ranah afektif berupa lembar penilaian observasi, pada ranah kognitif berupa soal objektif pilihan ganda, dan ranah psikomotor berupa penilaian produk. Teknik analisis data ranah kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan uji-t dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada kelas sampel yaitu Pada ranah afektif nilai rata-rata kelas eksperimen 86,15 (A) lebih tinggi dari kelas kontrol 78,43(B). Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 82,42(B) lebih tinggi dari kelas kontrol 76,48 (B). Pada ranah psikomotor nilai rata-rata kelas eksperimen 78,06 (B) lebih tinggi dari kelas kontrol 70,46 (C). Hipotesis untuk kelas sampel pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan modelpembelajaran discovery learning disertai handout berpengaruh terhadap hasil belajar ranah afektif, kognitif, dan psikomotor siswa biologi kelas X SMAN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman pada materi ekosistem tahun pelajaran 2017/2018.