Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Fitra, Madona |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6382/4/14010083%20FITRA%20MADONA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6382/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6382/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6382/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6382/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi sistem reproduksi manusia sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Guru menggunakan metode ceramah, diskusi dan Tanya jawab namun meskipun demikian belum mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat pada rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model tersebut adalah model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning disertai Media Gambar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen XI IPA.1 dan kelas kontrol XI IPA.2 yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen penelitian yang digunakan pada ranaha fektif berupa lembar observasi penilaian diri dan penilaian antar teman yang bertujuan untuk melihat sikap siswa selama proses pembelajaran. Ranahkognitif dapat dilihat pada hasil tes akhir siswa dan ranah psikomotor dapat dilihat dari laporan hasil diskusi yang dibuat siswa. Analisis data dilakukan dengan uji-t, dengan kriteria thitung>ttabel. Berdasarkan hasil penelitian didapat nilairata-rata hasil belajar padaranah kognitif kelas eksperimen 78,05 (B), sedangkan kelas kontrol 72,08 (B), setelah dilakukan pengujian dengan uji-t didapatkan harga thitung 2,04 dan ttabel 1,67 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis pada penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Nilai rata-rata siswa ranah afektif pada penilaian diri kelas eksperimen 82,94 (B) Penialaian antar teman 81,94 (B) dan kelas kontrol penilaiaan diri 76,00 (B) dan penilaian antar teman 75,33 (B). Nilai rata-rata ranah psikomotor siswa kelas eksperimen 91,51 (A) dan kelas kontrol 86,00 (A). Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa pada ranah kognitif dana fektif tetapi tidak pada ranah psikomotor kelas XI SMAN 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.