Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap penggunaan materi otentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Peneliti tertarik untuk meneliti hal ini karena peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi guru ketika menggunakan materi otentik dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dimana partisipannya merupakan guru Bahasa Inggris di SMP N 2 2x11 Enam Lingkung. Pada penelitian ini penulis menggunakan dua instrumen untuk mengambil data, yang pertama menggunakan angket, di dalam angket terdapat 20 butir pernyataan. Instrumen kedua adalah wawancara yang berisi 12 butir pertanyaan. Berdasarkan analisis terhadap hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setiap indikator memiliki total yang bervariasi. Total persentase dari indikator recognizing adalah 77% yang termasuk kategori tinggi. Indikator organizing adalah 79% yang termasuk kategori tinggi, dan indikator interpreting adalah 84% yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Total persen angket yang penulis peroleh berdasarkan tiga indikator diatas adalah 80% dan termasuk kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa persepsi guru SMP N 2 2x11 Enam Lingkung mengenai materi otentik, efektif digunakan untuk mengajar Bahasa Inggris.. Kata Kunci: Materi Otentik, Persepsi