Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Suci, Chania |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/4/14010082-SUCI%20CHANIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/5/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6380/ |
Daftar Isi:
- Sekolah SMAN 1 V Koto Kampung Dalam ini sudah menggunakan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik, terdapat beberapa permasalahan antara lain, pada pendekatan saintifik tahap mengumpulkan data tidak terlaksana sepenuhnya dimana siswa kurang aktif dan hanya siswa yang pintar saja yang mengumpulkan data. Tahap mengasosiasi proses pengolahan data hanya sebagian siswa yang berani mengeluarkan pendapatnya saat berdiskusi dan menggunakan media yang kurang tepat. Hal ini berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah (dibawah KKM). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X IPA.1, kelas Kontrol X IPA.2, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam yang terdiri dari 4 kelas. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian observer, dan instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda sedangkan instrumen pada ranah psikomotor berupa hasil laporan diskusi siswa. dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t pada ranah afektif dan kognitif sedangkan pada ranah psikomotor menggunakan Uji-t’. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan nilai pada ranah afektif di kelas eksperimen dengan predikat sangat baik (85,42) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat baik (84,17), dilakukan uji hipotesis dan didapatkan Thitung =0,27>Ttabel=1,67, maka hipotesis ditolak (H1). Pada ranah kognitif kelas eksperimen yaitu 83,72 dan kelas kontrol 79,30 dan dilakukan uji hipotesis dan didapatkan Thitung= 2,00>Ttabel=1,67, maka hipotesis diterima (H1) sedangkan pada ranah psikomotor kelas eksperimen yaitu 58,33 dan kelas kontrol 65,42 dilakukan uji hipotesis dan didapat -2,07<-1,18, dan -1,18<2,07 maka hipotesis diterima (H1). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan untuk ranah afektif tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Kampung Dalam, sedangkan pada ranah kognitif dan psikomotor Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Video dapat berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam.