Pengaruh Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Komunikasi Keluarga Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Pertiwi 2 Padang
Main Author: | Aulia, Wahyuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/638/1/13090113%20AULIA%20WAHYUNI%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/638/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/638/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/638/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/638/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh gaya belajar secara parsial terhadap hasil belajar, (2) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar, (3) pengaruh komunikasi keluarga secara parsial terhadap hasil belajar, (4) pengaruh kreativitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar, (5) pengaruh gaya belajar, motivasi belajar, komunikasi keluarga, kreativitas belajar secara stimultan terhadap hasil belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran IPS Terpadu di SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IX di SMP Pertiwi 2 Padang pada tahun ajaran 2017/2018 berjumlah 95 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik Propotional Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,554 dan nilai thitung sebesar 5,673>ttabel sebesar 1,986; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,192 dan nilai thitung sebesar 3,748>ttabel sebesar 1,986; (3) terdapat pengaruh yang signifikan komunikasi keluarga secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,355 dan nilai thitung sebesar 4,306>ttabel sebesar 1,986; (4) terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar secara parsial terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien 0,132 dan nilai thitung sebesar 2,399>ttabel sebesar 1,986; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar, motivasi belajar, komunikasi keluarga, kreativitas belajar secara stimultan terhadap hasil belajar dengan F hitung 76,366 > Ftabel 2,70. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa secara parsial dan stimultan terdapat pengaruh gaya belajar, motivasi belajar, komunikasi keluarga dan kreatfitas belajar terhadap hasil belajar dan disarankan kepada guru khususnya mata pelajar IPS terpadu agar lebih meningkatkan lagi hasil belajar siswa agar rata-rata nilai hasil belajar siswa yang tidak memenuhi KKM bisa meningkat pada nilai ujian semester dengan cara melakukan evaluasi terhadap cara belajar siswa dalam memahami pelajar IPS terpadu. Kata Kunci : Hasil Belajar, Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Komunikasi Keluarga, Kreativitas Belajar