Penerapan Strategi Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 3 Pariaman

Main Author: Gita, Desmala Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6373/2/14010077-GITA%20ESMALA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6373/3/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6373/4/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6373/5/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6373/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi karena ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan, dan ada beberapa siswa yang mengobrol selain dari materi pembelajaran di dalam kelas saat guru menerangkan. Hal tersebut dapat terlihat dari tidak adanya umpan balik atau tanggapan dari siswa saat guru menanyakan tentang pemahaman siswa pada materi yang telah dipelajari, serta kurangnya penggunaan media dan buku sumber. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telah ditetapkan sekolah. Salah satu strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas XI SMAN 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun 2017/2018. Kelas eksperimen XI2 dan kelas kontrol XI4 yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan ranah kognitif berupa soal objektif pilihan ganda. Pada ranah afektif berupa lembar observasi dan ranah psikomotor berupa penilaian produk (ringkasan). Teknik analisis data ranah kognitif, afektif dan psikomotor menggunakan uji-t. Hasil analisis data penilaian pada ranah afektif dengan rata- rata kelas eksperimen 71 dan kelas kontrol 69. Hasil uji-t diperoleh th = 4,5 sedangkan tt = 1,67 berarti th > tt sehingga hipotesis diterima (H1). Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa dengan rata- rata kelas eksperimen 87,6 dan kelas kontrol 66,5. Hasil uji-t didapatkan th = 6,89 sedangkan tt = 1,67berarti th > tt dengan demikian hipotesis diterima (H1). Pada ranah psikomotor dengan rata- rata kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 75. Hasil uji-t didapatkan th = 1,52 sedangkan tt = 1,67 berarti th < tt dengan demikian hipotesis ditolak (H0). Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat berpengaruh pada hasil belajar ranah afektif dan kognitif sedangkan pada ranah psikomotor tidak berpengaruh.