Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya interpersonal komunikasi antara guru dan siswa dalam process belajar mengajar sehingga siswa kurang memahami apa yang di sampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa Interpersonal communication skills yang di gunakan guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengambilan data dari penelitian ini adalah observation checklis, field note dan video recorder. Responden dari penelitian adalah semua guru bahasa inggris SMPN 1 Hiliran Gumanti Kab. Solok. Ada dua orang guru yang menjadi responden dalam penelitian ini. Berdasarkan dari empat interpersonal communication skills yaitu informative, dialogis, persuasive dan intructive. Maka dari hasil penelitian, di temukan bahwa ada tiga interpersonal communication skills yang di gunakan oleh guru di SMPN 1 Hiliran Gumanti Kab. Solok pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas yaitu dialogis, persuassive dan intructive skill. Kata kunci: Interpersonal communication skills, process belajar mengajar.