Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry (Inkuiri Terbimbing) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas VII Di SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Gusfiandra, Dwi Mustikawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6371/4/14010078%20Gusfiandra%20Dwi%20Mustikawati.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6371/1/ABSTRAK.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6371/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6371/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6371/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa biologi pada materi Perubahan Ilkim. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata ulangan harian biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan suatu pembelajaran yang mampu melibatkan siswa dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) yang disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) disertai media gambar terhadap hasil belajar siswa biologi kelas VII di SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design, dengan populasi seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Sitiung. Pengambilan sampel menggunakan teknikpurposive sampling. Instrumen penilaian dengan lembar penilaian diri dan antar teman, soal objektif, dan pembuatan makalah. Data hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor di analisis menggunakan uji-t dengan taraf (α= 0,05). Hasil analisis data terdapat hasil belajar antara kedua kelas sampel. Rata-rata nilai ranah afektif kelas eksperimen 93,89 sedangkan kelas kontrol 84.76 dengan hasilt_hitung = (5,04) berarti model pembelajaran Guided Inquiry(inkuiri terbimbing) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif . Rata-rata nilai ranah kognitif kelas eksperimen 90,33 sedangkan kelas kontrol 79,74 dengan hasil t_hitung =(6,02). Rata-rata nilai ranah paikomotor kelas eksperimen 85,23 sedangkan kelas kontrol 58,93 dengan hasil t_hitung = (5,64) berarti pada kedua ranah t_hitung lebih besar dari ttabel= 1,67 yang berarti model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) disertai media gambar pada materi Perubahan Iklim dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry (inkuiri terbimbing) disertai media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa Biologi kelas VII di SMP Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya.