Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kesiapan Belajar, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Tika Dewi, Anggraini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/636/1/13090108%20TIKA%20DEWI%20ANGGRAINI%20%20%20%20ok%20plip.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/636/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/636/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/636/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/636/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menganalisis: 1) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar. 2) Pengaruh kesiapan belajar terhadap motivasi belajar. 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap motivasi belajar. 4) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar. 5) pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar. 6) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. 7) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Sampel berjumlah 75 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Stratified Random Sampling berdasarkan tingkat pendapatan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan tinggi dibandingkan dengan sampel pendapatan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,505 dan 0,468. (2) kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan tinggi dibandingkan dengan sampel pendapatan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,389 dan 0,339. (3) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan rendah dibandingkan dengan sampel pendapatan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,361 dan 0,374. (4) lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan rendah dibandingkan dengan sampel pendapatan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,300 dan 0,346. (5) kesiapan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan rendah dibandingkan dengan sampel pendapatan tinggi yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,269 dan 0,348. (6) disiplin belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan tinggi dibandingkan dengan sampel pendapatan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,371 dan 0,357. (7) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, pengaruh yang lebih besar ditunjukkan oleh sampel pendapatan tinggi dibandingkan dengan sampel pendapatan rendah yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur masing-masing 0,318 dan 0,255. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, Pertama diharapkan kepada keluarga selalu memperhatikan anak ketika dirumah. Fakor penentu keberhasilan belajar anak dalam lingkungan keluarga adalah cara orang tua mendidik, relasi antara anggota keluarga, suasana rumah dan keadaan ekonomi keluarga. Kedua diharapkan kepada guru harus selalu bisa membawa siswa untuk aktif dalam pembelajaran dengan berbagai metode yang digunakan sehingga dapat belajar dengan efektif dan efisien. Ketiga diharapkan kepada guru agar selau memberikan motivasi kepada siswa baik dalam pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran agar siswa dapat termotivasi dalam belajar.