Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa permasalahan apa saja yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran kalimat pasif di SMKN 6 Padang. Peneliti menggunakan random cluster sampling teknik. Peneliti memilih kelas dengan cara mengambil secara lot untuk dijadikan partisipan. Peneliti memilih kelas XII Busana 2 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas untuk tryout, dan kelas XII TKJ dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagi kelas untuk diberikan tes. Peneliti memberikan tes dan mewawancarai siswa dengan cara semi structured interview. Hasil dari penelitian ini ditemukan masalah yang paling berdominan dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran kalimat pasif, yaitu dari 30 siswa, 25 siswa memiliki masalah dalam penggunaan subjek tunggal atau jamak pada auxiliary verb in simple present continuous tense dan juga dalam menentukan bentuk kata kerja ketiga pada past participle in simple present continuous tense pada tes pertama. Sedangkan pada tes kedua dari 30 siswa, 25 siswa masih memiliki masalah dalam penggunaan subjek tunggal atau jamak pada auxiliary verb in simple present continuous tense. Dari 30 siswa tersebut di temukan ada beberapa permasalahan diantaranya masalah dalam passive construction, masalah dalam memilih auxiliary verb, dan masalah dalam menentukan past participle form. Kata kunci: Masalah Siswa, Kalimat Pasif