Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk, Harga dan Iklan Terhadap Perpindahan Merek Pada Pengguna Rokok Clas Mild di Kabupaten Pasaman Barat (Studi Kasus Jorong Alamanda)
Main Author: | Putri, Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/635/1/13090106%20PUTRI%20AYU%20%20%20ok%20plip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/635/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/635/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/635/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/635/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh ketidakpuasan konsumen terhadap perpindahan merek. (2) pengaruh kebutuhan mencari variasi produk terhadap perpindahan merek. (3) pengaruh harga terhadap perpindahan merek. (4) pengaruh iklan terhadap perpindahan merek. (5) pengaruh ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga dan iklan secara bersama-sama terhadap perpindahan merek. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pengguna rokok Clas Mild di Jorong Alamanda Kabupaten Pasaman Barat. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa accidental sampling dengan teknik analisis deskriptif dan induktif dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketidakpuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,555. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 9,200 > ttabel sebesar 1,66. (2) kebutuhan mencari variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,250. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,441 > ttabel sebesar 1,66. (3) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,266. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,761 > ttabel sebesar 1,66. (4) iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perpindahan merek, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,534. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,995 > ttabel sebesar 1,66. (5) ketidakpuasan konsumen, kebutuhan mencari variasi produk, harga dan iklan berpengaruh secara bersama-sama terhadap perpindahan merek. Dimana diperoleh nilai Fhitung 108,448 > Ftabel 2,47. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) kepada perusahaan agar selalu meningkatkan kepuasan konsumen dengan cara meningkatkan kualitas produk. (2) kepada perusahaan agar selalu berinovasi terhadap produknya seperti meciptakan yang lebih bervariasi. (3) kepada perusahaan rokok Clas Mild agar selalu memperhatikan harga ditawarkan kepada konsumen. (4) kepada perusahaan rokok Clas Mild agar selalu meningkatkan iklan baik di media cetak maupun media elektronik.