Teachers’ Encouragement in Motivating Students to Learn English at SMA Al-istiqamah Simpang Empat, Pasaman Barat
Main Author: | Rahmawati, Rahmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6346/2/13040021%20-%20RAHMAWATI%20%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6346/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6346/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6346/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6346/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru memberikan dorongan dalam memotivasi siswa untuk belajar bahasa inggris di SMA Al-istiqamah Simpang Empat, Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini ditujukan kepada guru yang mengajar di kelas XI dengan jumlah responden 3 orang guru. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan menggunakan instrumen seperti: observation checklist, field note, dan video recording dan wawancara dengan partisipan. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif oleh Gay dan Airasian, yaitu: reading/memoing, describing, classifying, dan interpreting. Dari tujuh belas cara dalam memotivasi siswa menunjukkan bahwa guru bahasa inggris di SMA Al-istiqamah Simpang Empat Pasaman Barat menggunakan lima belas teknik dalam memotivasi siswa selama proses belajar mengajar, yaitu: mengungkapkan pernyataan penghargaan secara verbal, menggunakan nilai ulangan sebagai pemacu keberhasilan, menimbulkan rasa ingin tahu siswa, menjadikan tahap dini dalam belajar mudah bagi siswa, menggunakan materi yang dikenal siswa sebagai contoh dalam belajar, menggunakan kaitan yang unik dan tak terduga, menuntut siswa untuk menggunakan hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya, mengunakan simulasi dan permainan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperlihatkan kemahirannya di depan umum, memanfaatkan kewibawaan guru secara tepat,memperjelas tujuan belajar yang hendak dicapai, memberitahukan hasil kerja yang telah dicapai, membuat suasana persaingan yang sehat diantara para siswa, dan memberikan contoh yang positif. Dengan memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa, siswa menjadi termotivasi dalam belajar, siswa menjadi aktif dan antusias dalam belajar bahasa inggris. Kata kunci: Dorongan, Motivasi, Pembelajaran