Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat tipe-tipe pertanyaan dan fungsi Pertanyaan guru dalam proses belajar mengajar.oleh karena itu peneliti menggunakan decriptive research. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang guru bahasa inggris SMA N 1 Padang Ganting, Batusangkar. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan and video record observasi ceklis. Video record digunakan untuk merekam proses belajar mengajar didalam kelas, sedangkan, observasi ceklis digunakan untuk melihat tipe-tipe sekaligus fungsi dari pertanyaan yang diberikan guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti melakukan observasi dengan menggunakan observation (ceklist, field note dan video recorder) sebagai alat selama observasi. Setelah menganalisa data observasi, peneliti menemukan bahwa guru bahasa inggris di SMA N 1 Padang Ganting, Batusangkar menggunakan tipe pertanyaan, yaitu focusing, promting, probing questions didalam proses belajar mengajar. Sementara untuk fungsi pertanyaan peneliti mengklasifikasikan pertanyaan berdasarkan fungsi dari tiga tipe pertanyaan yang digunakan guru ketika proses belajar mengajar. Guru menggunakan beberapa dari fungsi pertanyaan tersebut yaitu untuk focuing question guru hanya menggunakan tiga dari empat fungsi pertanyaan, untuk type promting question guru hanya menggunak dua dari tiga fungsi sedangkan untuk tipe probing question guru hanya menggunakan tiga fungsi pertanyaan dari empat fungsi pertanyaan dalam proses belajar mengajar. Kata kunci : Pertanyaan Guru, Tipe Pertanyaan, Fungsi Pertanyaan