Teachers’ Motivational Strategies in English Learning Process at SMP N 03 Mukomuko
Main Author: | Pramita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6338/4/13040001-PARAMITA%20SARI%20%28THESIS%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6338/2/ABSTRACK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6338/1/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6338/3/REFERENCE1.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6338/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi motivasi yang digunakan guru untuk motivasi siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris di kelas VII dan VIII SMP N 03 Mukomuko. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan qualitative study. Peserta dari penelitian ini adalah dua orang guru Bahasa Inggris di SMP N 03 Mukomuko. Data ini dikumpulkan melalui pengamatan dengan merekam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru, menggunakan observation checklist, fieldnote, video recorder dan interview. Dalam penelitian ini, ada sepuluh strategi motivasi guru menurut teori Cheng and Dornyei 2007 yaitu proper teacher behavior, recognize students’ effort, promote learners’ self- confidence, creating a pleasant classroom climate, present task properly, increase learner’ goal- orientedness, make the learning tasks stimulating, familiarise learners with L2-related values, promote group cohesiveness and group norms, promote learners’ autonomy. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa guru Bahasa Inggris di SMP N 03 Mukomuko menggunakan kesepuluh strategi motivasi di dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Jumlah keseluruhan strategi motivasi yang digunakan guru adalah 20 sub indikator dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Guru A menggunakan ke 20 sub indikator dan guru B menggunakan 19 sub indikator dari 20 sub indikator dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Kata Kunci: Proses Pembelajaran Bahasa Inggris, Strategi Motivasi.