Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, dalam proses pembelajaran guru menggunakan pendekatan saintifik, namun belum terlaksana sebagaimana mestinya. Pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya keaktifan siswa untuk bertanya, media pendukung yang biasadigunakan guru adalah buku sumber, permasalahan ini berdampak pada hasil belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan model pembelajaran Discovery Learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambardapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomised Control Group Posttest Only Design. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2017/2018.Pengambilan sampel dilakukandengan teknik Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel kelasX MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini pada ranaha fektif berupa lembar penilaian diri dan penilaian antar teman. Instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, dan pada ranah psikomotor dapat dilihat instrumen lembar penilaian dari laporan hasil diskusi.Analisis data dilakukan dengan uji-t. Hasil belajar pada ranaha fektif dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 81,67 dan kelas kontrol 75,45. Hasil uji-t pada taraf nyata 0,05diperoleh t_hitung=0,989<t_tabel=1,683 maka H1ditolak. Pada ranah kognitif dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 76,96 dan kelas kontrol 60,7. Hasil uji-t diperoleht_hitung=3,544>t_tabel=1,683maka H1diterima. Padaranah psikomotor dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 76,13 dan kelas kontrol 75. Hasil uji-t diperoleh t_hitung=0,225<t_tabel=1,683 maka H1ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai media gambar dapat meningkatkan terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif dan tidak dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang.