Daftar Isi:
  • Penelitian ini terfokus kepada proses siswa dalam menulis teks deskriptif. Teks deskriptif termasuk kedalam jenis teks yang tidak terlalu sulit namun masih ditemukan beberapa kesulitan yang dihadapi siswa saat menulis karangan ini, inilah yang melatar belakangi peneliti melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa proses yang dilakukansiswa dalam menulis teks deskriptif.Siswa diharapkanmenjadi lebih aktif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran. Mereka semua bisa menulis dengan langkah yang benar dan mereka lebih banyakantusias mengikuti pelajaran. Selain itu, ada juga peningkatanprestasi siswa.Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif. Responden dari penelitian ini adalah 59 orang siswa kelas sepuluh SMAN 16 Padang dengan menggunakan metode acak yang mana masing-masing kelas hanya diambil sekitar 7 atau 6 orang saja.Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan angket sebagai instrumennya.Berdasarkan hasil penelitian ini kebanyakan dari siswa kelas sepuluh SMAN 16 Padang jaran mengikuti langkah-langkah dalam proses menulis. Guru disarankan untuk lebih memperhatikan bagaimana langkah-langkahyang dilakukansiswadalammenulissebuah teks deskriptif dalam pengembangan ide, pengaturan ide, grammar, dankosa katadalambahasainggris. Guru juga diharapkan lebih banyak memberikan contoh dan latihan mengenai deskriptif teks kepada siswa sehingga tercapai tujuan pendidikan dengan baik, khususnya mata pelajaran bahasa inggris. Kata Kunci : Proses Menulis Siswa, Deskriptif Teks