An Analysis of Students’ Test Taking Strategy in Reading at STKIP PGRI West Sumatera
Main Author: | Dirga, Rahmat Candra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6310/1/DIRGA%20RAHMAT%20CANDRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6310/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6310/3/CHAPTER%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6310/4/REFERENCES.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6310/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengemukakan kelas Reading di STKIP PGRI Sumatera Barat, yang mengutamakan adanya pemahaman dan strategi tertentu yang harus digunakan dalam setiap kali diadakan tes berkaitan degan Reading tersebut. Hasil pengamatan awal peneliti menemukan satu pemahaman dan strategi tertentu yang selalu digunakan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan melihat penggunaan strategi yang digunakan siswa dalam menjawab soal-soal tes Reading, terhadap pemahaman dan strategi tertentu yang mereka gunakan. Data penelitian ini didapatkan dari angket yang dijawab oleh 15 orang siswa tersebut difokuskan pada analisis jawaban pilihan angket terhadap strategi yang digunakan siswa. Berasarkan analisis data angket tersebut, peneliti menemukan bahwa siswa memiliki strategi yang baik terhadap tes-tes Reading yang mereka lakukan. Mereka selalu menggunakan strategi memprediksi soal-soal yang mungkin akan muncul sebelum tes, menebak, membaca instruksi tes, membaca cepat, tidak meninggalkan jawaban kosong, mereview kembali setelah tes, mengatur waktu, memikirkan lebih lanjut soal-soal sult, dan menjawab pilihan ganda terlebih dahulu. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data yang menunjukan siswa sudah menggunakan strategi menjawab soal tes, hampir ada semua indikator. Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa penggunakan test taking strategy dalam tes Reading adalah positif. Kata kunci: Test Taking Strategy, Reading