Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman

Main Author: Lola, Fitri Yenti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6307/1/14010024-LOLA%20FITRI%20YENTI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6307/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6307/3/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6307/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6307/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang terpusat pada guru sehingga situasi dalam pembelajaran kurang menyenangkan dan belum dapat menarik minat serta motivasi belajar siswa. Dalam proses pembelajaran siswa tidak dilibatkan secara langsung sehingga membuat siswa tidak aktif. Masih banyak siswa yang tidak mengeluarkan pendapat, mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan. Hal ini membuat rendahnya rasa ingin tahu siswa untuk mengkaji materi pelajaran secara mendalam, sehingga tujuan dari pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah “Randommized Control Group Posttest Only Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman. Pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling. Kelas VII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrument pada penelitian afektif berupa lembaran observasi sikap (bertanggung jawab dan bekerja sama dalam kelompok kecil). Penilaian Ranah kognitif berupa tes tertulis (soal objektif sebanyak 25 butir soal) sedangkan pada penilaian ranah psikomotor berupa ringkasan (kelengkapan isi ringkasan dan kebersihan dan kerapian tulisan). Data analisis dengan menggunakan uji t. Hasil analisis data pada ranah afektif diperoleh hasil tes uji-t. Penilaian sikap diperoleh rata-rata kelas eksperimen 81,11 dan kelas kontrol 77,39 hasil uji t didapatkan th=1,19< tt=1,67 berarti th < tt dengan demikian Ho diterima. Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 79,44 dan kelas kontrol 73,57 hasil uji t didapatkan th =2,36 > tt =1,67 berarti th > tt dengan demikian H1 diterima. Pada penilaian psikomotor diperoleh rata-rata kelas eksperimen 84,30 dan kelas kontrol 78,33 hasil uji-t didapatkan th=1,63 sedangkan tt = 1,67 berarti th< tt dengan demikian Ho diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapatnya pengaruh model pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif sedangkan pada ranah afektif dan ranah psikomotor tidak terdapatnya pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP N 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman.