Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Gambar Kepada Siswa Kelas XI SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Terhadap Hasil Belajar Biologi
Main Author: | Siti, Rahmah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6302/4/14010020%20-%20SITI%20RAHMAH%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6302/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6302/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6302/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6302/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat guru kurang bervariasi menerapkan model pembelajaran dan guru lebih cenderung sebagai pusat penyampai informasi, sedangkan siswa hanya mendengarkan serta mencatat apa yang dijelaskan oleh guru. Apabila guru bertanya, maka hanya sebagian siswa yang aktif menjawab. Hal ini mengakibatkan kurangnya interaksi antara siswa dengan siswa, maupun antara siswa dengan guru, sehingga siswa hanya mendengar, tidak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Media Gambar Kepada Siswa Kelas XI SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan rancangan Randomied Control Group Posstest Only Desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Porposive Randome Sampling sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa yang didapat kemudian diuji statistik yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dengan uji F, dan hipotesis dengan uji- t. Rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif yaitu kelas kontrol lebih tinggi daripada kelas eksperimen maka hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif dan psikomotor kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol maka hipotesis ditolak. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa Penerapan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing disertai media gambar kepada siswa kelas XI SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor).