Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Lismawati, Lismawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6298/4/14010016%20-%20LISMAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6298/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6298/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6298/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6298/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi. Dalam proses belajar mengajar yang ada di sekolah guru masih menggunakan metode ceramah dan pembelajaran hanya terpusat pada guru, hal ini membuat kurang optimalnya kemampuan berfikir siswa. Sedangkan ketika diadakan diskusi hanya beberapa siswa yang aktif, ketika guru bertanya hanya beberpa siswa yang mengeluarkan pendapatnya. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan strategi aktif tipe Giving Question and Getting Answer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang. Penelitian ini dilakukan dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen VIII1 dan kelas kontrol VIII2. Rancangan penelitian ini adalah Posstest Only Control Design . Instrumen penelitian pada aspek afektif berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran, ranah kognitif berupa tes tertulis bentuk obyektif sebanyak 39 soal yang telah divalidasi yang diberikan pada akhir penelitian, dan psikomotor dalam bentuk penilaian protofolio. Analisis data kelas sampel menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor kelas eksperimen efektif 54,27 dan kelas kontrol adalah 30,04. Hasil uji-t diperoleh thitung> ttabel, yaitu thitung = 2,88 dengan ttabel =1,68, maka hipotesis H1 diterima. Penilaian kelas kognitif kelas eksperimen 68,02 dan kelas kontrol 56,84. Hasil uji-t diperoleh thitung>ttabel, yaitu thitung =62,11 dengan ttabel =1,70, maka dinyatakan hipotesis H1 diterima. Penilaian kelas psikomotor eksperimental 61,97 dan kelas kontrol 43,82. Hasil uji t diperoleh thitung>ttabel, yaitu thitung =8,56 dengan ttabel =1,68, maka dinyatakan hipotesis H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Giving Question And Getting Answer berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang dalam ranah ranah afektif, kognitif dan psikomotor.