Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Kelas XI SMA Negeri 1 Koto Salak
Main Author: | Dwi, Desmawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6293/4/14010011-DWI%20DESMAWATI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6293/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6293/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6293/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6293/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakang karena kegiatan praktikum yang dilaksanakan di SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya tidak menggunakan penuntun praktikum, hal ini disebabkan belum adanya penuntun praktikum disekolah tersebut. Ketika melaksanakan praktikum, guru dan siswa menggunakan buku paket yang didalamnya terdapat lembar kegiatan siswa yang dijadikan panduan dalam kegiatan praktikum. Lembar kegiatan siswa hanya memuat langkah-langkah kerja, alat, serta bahan yang digunakan dan tidak sesuai dengan kemampuan siswa.Buku penuntun praktikum yang dikembangkan berbasis inkuiri terbimbing. Penuntun praktikum ini dikembangan dilengkapi pendekatan inkuiri terbimbing karena pendekatan inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kepercayaan diri dan siswa aktif dalam pembelajaran. Pendekatan inkuiri terbimbing ini akan membantu siswa untuk mampu memecahkan suatu permasalahan secara mandiri di bawah bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing untuk SMA berdasarkan uji validitas dan praktikalitas penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Tahap Define dilakukan analisis ujung depan, analisis siswa, tugas dimulai dengan analisis struktur isi dan analisis konsep serta analisis tujuan pembelajaran. Tahap Design dilakukan dengan mendesaian penuntun praktikum. Tahap Develop dilakukan uji validitas dengan pengisian angket oleh dosen dan guru biologi. Dilakukan uji praktikalitas dengan pengisian angket guru biologi dan siswa kelas XI. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas penuntun praktikum oleh validator menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini berada pada kategori sangat valid (84%). Hasil uji praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini pada kategori sangat praktis (95%) dan hasil uji praktikalitas penuntun praktikum oleh siswa menunjukkan bahwa penuntun praktikum ini berada pada kategori sangat praktis (88%). Dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem peredaran darah untuk siswa kelas XI SMAN 1 Koto Salak yang dihasilkan telah memenuhi kriteria yaitu sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai bahan ajar.