Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Questions(LSQ) Disertai Handout terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Lengayang

Main Author: Beta, Surya Astika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6289/4/13010162%20BETA%20SURYA%20ASTIKA%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6289/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6289/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6289/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6289/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain,guru belum pernah menerapkan strategi atau model pembelajaran, siswa kurang aktif, Terbatasnya media yang digunakan dan kurangnya partisipasi siswa pada saat proses pembelajaranterlihat ketika siswa tidak mau bertanya pada guru tentang materi yang belum dipahami dan siswa jarang mengerjakan tugas rumah yang diberikan oleh guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Start With a Question disertai Handout Terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 lengayang. Jenis penelitianini adalah penelitian eksperimen dengan populasiadalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Lengayangyang terdiri dari 4 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimenXI IPA.1, kelas kontrolXI IPA.4dan Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa penilaian oleh Observer, dan instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi.Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan analisis data penilaian ranah afektif kelas eksperimen dengan nilai rata-rata (78,97)dengan predikat B (baik) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat cukup (70,92). Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung=1,75sedangkan ttabel =1,67, berarti thitung>ttabel, dengan demikian hipotesis diterima(H_1). Analisis data penilaianranah kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 75,73 dan 68,98. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapatkan thitung =1,82 sedangkan ttabel=1,67, berartithitung >ttabel, dengan demikian hipotesis diterima (H_1). Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipeLearning Starts With A Questions (LSQ)Disertai Handout dapatmeningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Lengayang.