Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMPN 30 Padang
Main Author: | Rima, Melati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6274/3/SKRIPSI%20RIMA%20FULL.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6274/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6274/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6274/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6274/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, guru kurang melibatkan siswa aktif sehingga siswa hanya bersikap pasif, dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 30 Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental research, dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMPN 30 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak dan didapatkan kelas VII8 dan VII7 sebagai kelas sampel. Instrumen ranah kognitif menggunakan tes akhir. Ranah afektif menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Berdasarkan hasil analisis data tes akhir kedua kelas sampel diperoleh rata- rata kelas eksperimen 70,95, kelas kontrol 55,81. Rata-rata nilai aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh predikat C yaitu 74,67, dan kelas kontrol memperoleh predikat K yaitu 66,33. Hasil analisis tes akhir kedua kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai variansi homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05. Selanjutnya dengan uji t dua pihak diperoleh dan dimana jika > maka hipotesis diterima. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning disertai mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 30 Padang.