Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai LKPD Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 2 Batang Anai

Main Author: Imelda, Afriana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6269/4/14110043%20IMELDA%20AFRIANA%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6269/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6269/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6269/3/DAFTAR%20PUSTAKA1.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6269/
Daftar Isi:
  • Anggapan bahwa fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dan tidak menarik serta tidak bervariasinya model-model pembelajaran yang diterapkan oleh guru, menjadi penyebab malas dan kurang termotivasinya peserta didik dalam belajar sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar yang diperoleh. Salah satu model yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKPD terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMAN 2 Batang anai. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan disain penelitian berbentuk Post Test Control Group Design. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam dua ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif, rata-rata yang diperoleh pada kelas eksperimen memiliki rata-rata 65,50 sedangkan pada kelas kontrol 56,93. Selain data yang diperoleh dari penilaian ranah kognitif, data juga diperoleh dari penilaian ranah afektif. Hasil belajar pada ranah afektif yang didapat dari lembar aktivitas peserta didik memiliki rata-rata 73,52 pada kelas eksperimen dan 69,94 pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis dari uji hipotesis dengan uji t’, diperoleh bahwa t’= -2.02<2,83<2.02 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw disertai LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X MIPA SMAN 2 Batang Anai.