Pengaruh Penerapan Model Problem Based Instruction disertai LKPD Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA N 2 Padang
Main Author: | Bambang, Prayetno |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6268/3/SKRIPSI%20FUL%20BAMBANG%20OKE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6268/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6268/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6268/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6268/ |
Daftar Isi:
- Pada proses pembelajaran diperlukan inovasi baru yang mendukung peserta didik untuk aktif, salah satunya yaitu penerapan model Problem Based Instruction disertai LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas sampel yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol XI MIPA 3 SMA N 2 Padang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes akhir untuk mengukur ranah kognitif, sedangkan untuk mengukur ranah afektif digunakan lembar observasi. Pada ranah kognitif untuk kelas eksperimen memiliki rata-rata 57,15 sedangkan kelas kontrol sebesar 29,29. Pada ranah afektif yang dilihat berupa aktivitas peserta didik yang dilihat selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata aktivitas peserta didik yaitu 57 sedangkan kelas kontrol yaitu 29. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Man Whitney didapat zhitung = 9,20 dan ztabel = 1,96, dimana jika zhitung > ztabel maka hipotesis diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction disertai LKPD terdapat pengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Besarnya pengaruh PBI terhadap hasil belajar sebesar d=1,88 yang termasuk dalam kategori besar. Pengaruh model PBI disertai LKPD terhadap hasil belajar fisika peserta didik.