Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari perolehan hasil belajar peserta didik kelas X MIPA SMAN 1 Enam Lingkung yang masih belum optimal, sehingga pada proses pembelajaran diperlukan inovasi baru yang mendukung peserta didik untuk aktif dan memperhatikan pembelajaran, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model Problem Based Learning disertai LKPD terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, didapat dua kelas sampel yaitu kelas XMIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol XMIPA 5 di SMAN 1Enam Lingkung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay untuk mengukur ranah kognitif dan lembar observasi untuk mengukur ranah afektif. Hasil belajar Pada ranah afektif dilihat dari aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata aktivitas peserta didik yaitu 71,11, sedangkan kelas kontrol yaitu 49,52. Pada ranah kognitif pada kelas eksperimen diperolehnilai rata-rata 69,3 dan pada kelas kontrol 66,10 kemudian dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji tdidapat thitung = 0,43 dan ttabel 〖 -t〗_(1- 1⁄2 a) =-2,00, 〖 t〗_(1- 1⁄2 a) = 2,00,berdasarkan uji t dua pihak diperoleh -2,00< 0,43 < 2,00 dimana hipotesis ditolak.Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning disertai LKPD tidak berpengaruh terhadap hasil belajar.