Pengaruh Penerapan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MIPA SMAN 1 Gunung Tuleh

Main Author: Lusi, Annisa Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6263/2/LUSI%20ANNISA%20PUTRI%20%2814110034%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6263/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6263/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6263/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6263/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran fisika di sekolah dengan penerapan kurikulum 2013 belum optimal. Dilihat dari proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Sehingga dalam pembelajaran peserta didik banyak yang merasa bosan dan tidak mau bertanya. Hal ini mempengaruhi hasil belajar fisika peserta didik menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pendekatan Saintifik terhadap hasil belajar fisika di kelas X MIPA SMAN 1 Gunung Tuleh. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment, dengan desain penelitian posstest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas sampel yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol di SMAN 1 Gunung Tuleh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif. Hasil penelitian didapat pada ranah kognitif rata-rata untuk hasil belajar pada kelas eksperimen 74,34 dan pada kelas kontrol 64,26 kemudian dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji t didapat thitung = 3,49 dan ttabel = 1,99, dimana thitung > ttabel maka hipotesis dalam penelitian diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik dengan menerapkan pembelajaran Student Teams Achievement Division dengan pendekatan saintifik berpengaruh pada hasil belajar fisika peserta didik.