Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA MAN 3 Pasaman Barat

Main Author: Kitra, Wahyulis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6261/4/SKRIPSI%20PULL-converted%20ok.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6261/1/2.abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6261/2/12.bab%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6261/3/13.daftar%20pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6261/
Daftar Isi:
  • Keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran fisika di sekolah belum optimal. Pembelajaran seperti metode ceramah lebih membuat peserta didik menjadi cepat bosan sehingga menyebabkan hasil belajar fisika rendah. Pada proses pembelajaran diperlukan inovasi baru yang mendukung peserta didik untuk aktif dan mandiri, salah satunya yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model kooperatif tipe Co-op Co-op dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental research, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas sampel yaitu kelas X IPA2 kelas eksperimen dan kelas kontrol X IPA1 MAN 3 Pasaman Barat. Instrumen ranah kognitif menggunakan tes akhir. Ranah afektif menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik. Hasil belajar yang dilihat pada ranah afektif dan ranah kognitif. Pada ranah afektif berupa aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran. Pada kelas eksperimen rata-rata nilai aktivitas peserta didik 74,37 sedangkan kontrol 66,14. Pada ranah kognitif nilai rata-rata kelas eksperimen 78,28 dan kontrol 65,3 dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji − t dua pihak didapat thitung = 1,90 dan ttabeS = 1,68, dimana 1,90 > 1,68 maka H1 terima. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap hasil belajar Fisika peserta didik kelas X IPA MAN 3 Pasaman Barat pada materi Getaran Harmonis.