Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran konvensional seperti metode ceramah dan tanya jawab membuat suasana belajar menjadi monoton dan membosankan bagi siswa sehingga, menyebabkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperimental design. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar IPA dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal essay sebanyak 10 buah soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil belajar pada ranah kognitif, diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 66,22 dan kelas kontrol 50,91. Selanjutnya dengan analisis uji t diperoleh −t1−12α⁄ = -2,0180 < th = 4,28 > t1−12α⁄ = 2,0180 pada taraf nyata 0,05 dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 75 pada kelas eksperimen dan 64 pada kelas kontrol. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe peer lessons terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Payakumbuh.