Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya penguasaan konsep siswa tentang materi fisika yang diajarkan dan kurangnya kesiapan siswa dalam belajar sehingga hasil belajar fisika siswa tidak memuaskan. Pendekatan kontruktivisadalah pendekatanpembelajaran yang menekankan peran aktif siswa dalam membangun pemahaman dan memberi makna terhadap informasi dan peristiwa yang dialami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontruktivis disertai kuis terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental research, dengan desain penelitian posstest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas sampel, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 4 Kota Solok. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah pada ranah kognitif berupa tes akhir dan ranah afektif berupa lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 69,78 dan kelas kontrol 57,39. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen 74 dan kelas kontrol 63. Selanjutnya, dengananalisisujiMann Whitney didapatZ_tabel=1,64, sedangkan Z_hitung=8,73, berarti Z_hitung≄Z_tabel dengan demikian pada taraf nyata 0,05H_0 ditolak, artinya hipotesis pertama diterima. Jadi penerapan pendekatan kontruktivis disertai kuis berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Solok.