Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Sungai Limau. Beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar fisika peserta didik yaitu seperti metode ceramah yang biasa diterapkan oleh guru sehingga membuat suasana belajar menjadi monoton dan peserta didik kurang tertatik terhadap pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Sungai Limau. Jenis penelitian ini adalah quasi-eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam 3ranah, yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal essay sebanyak 4 buah soal, pada ranah afektif menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik dan pada ranah psikomotor menggunakan lembar penilaian hasil kerja peserta didik. Hasil belajar pada ranah kognitif, diperoleh nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 66 dan kelas kontrol 44,14. Selanjutnya dengan analisis uji Mann Whitney diperoleh nilai Zhitung = 2,85 > Ztabel = 0,99 pada taraf nyata 0,05 dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, yaitu 65 pada kelas eksperimen dan 63 pada kelas kontrol. Sedangkan pada ranah psikomotor rata-rata nilai hasil kerja peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol mendapat nilai yang sama yaitu 60. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe SAVI terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 1 Sungai Limau.