Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Genius Learning Strategy Tipe Operan Kertas Ide terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Danau Kembar
Main Author: | Yan, Sasni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6257/2/14110015-%20YAN%20SASNI-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6257/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6257/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6257/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6257/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum maksimalnya hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Danau Kembar. Belum maksimalnya hasil belajar siswa disebabkan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum bervariasi dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa adalah dengan penerapan model pembelajaran genius learning strategy tipe operan kertas ide. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran genius learning strategy tipe operan kertas ide lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Danau Kembar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, terpilih kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa essay dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji t karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians homogen. Nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen adalah 74,70 sedangkan kelas kontrol adalah 66,13. Hasil uji hipotesis untuk ranah kognitif diperoleh, thitung = 1,96 dan ttabel = 1,675 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 76,53 sedangkan pada kelas kontrol 70 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar fisika siswa menerakan model pembelajaran genius learning strategy tipe operan kertas ide lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 1 Danau Kembar