Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dalam mengikuti pembelajaran fisika di karenakan siswa mengangap bahwa pelajaran fisika adalah pembelajaran yang sulit dipelajari, tidak menarik dan membobasanka.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 6 Padang. Jenis penelitan ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhamadiyah 6 Padangyang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalahkelasVIII 1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII 2.Data belajar fisika dilihat 2 ranah, yaitu ranah kognitifdan ranah afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan tes akhir, dan ranah afektif mengunakan lembar observasiaktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 74,31 dan kelas kontrol 53,16, Selanjutnya dengan analisis uji-t dengan α = 0,05 diperoleh t_hitung=4,20,t_tabel=2,0315. Pada ranah afektif rata-rata nilai aktivitas siswa kelas eksperimen 73,71 lebih tinggi dari pada kelas kontrol 46,6. Jadi dapat disimpulkan penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournment (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang.