Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang mengertinya siswa terhadap materi pelajaran dan guru dalam proses mengajar kurang memvariasikan model pembelajaran yang berakibat pada hasil belajar fisika siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have disertai kuis terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Batang Anai. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Questions Students Have disertai kuis terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Data hasil belajar Fisika dilihat dalam 2 ranah, yaitu ranah kognitif dan afektif. Pada ranah kognitif pengambilan data menggunakan soal uraian sebanyak 5 butir soal dan pada ranah afektif menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen 66,500 dan kelas kontrol 57,83. Selanjutnya dengan analisis uji t, thitung= 2,31 lebih besar dari t(1- = 2,01 dan – t(1- - 2,01 (pada taraf nyata 0,05), dengan demikian hipotesis alternatif diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen 78,4 dan kelas kontrol 68,2. Jadi terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Qustions Students Have disertai kuis terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.