Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa KelasVIII Di SMPN 4 Koto Baru Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Yuni, Elvika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6242/4/12010181%20YUNI%20ELVIKA%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6242/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6242/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6242/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6242/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran.Selain itu, mode lpembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi terutama pada materi Sistem Pernapasan pada Manusia.Hal ini menyebabkan siswa kurang memahami materi yang dipelajari sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa.Untuk mengatasi permasalahan diatas dituntut kreativitas guru menggunakan model pembelajaranyang tepat sehingga dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar biologiadalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams A chievement Division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIIISMPN 4 Koto BaruKecamatan KotoBaru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Control-groupPosttest Only Design.Populasi penelitian ini adalah siswa kelasVIII tahunpelajaran2017/2018.Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan kelas sampel denga nmetode random,kelasVIII.b sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII.c sebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan pada ranah kognitif yaitu tes tertulis, sedangkan ranah afektif menggunakan lembar observasi sikap.Teknik analisis data menggunakan uji-tpada taraf korelasi kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian padaranah afektif diperoleh nilai kelas eksperimen yaitu 77,58 (B) dan kelas control yaitu 68,98(C).Ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu73,94 (B)dan kelas control yaitu 64,57 (C). Hasil analisis uji- tdiperoleh thitung (2,02)>ttabel (1,69) yang berarti hipotesis pada kedua ranah dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division(STAD) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 4 Koto Baru Kecamatan KotoBaru Kabupaten Dharmasraya.