Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTsN Gadung Surian Kabupaten Solok
Main Author: | Rudi, Permana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6239/4/12010043%20RUDI%20PERMANA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6239/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6239/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6239/3/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6239/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yaitu pada penerapan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik belum terlaksana sesuai dengan yang diharapkan, masih terdapatnya siswa yang kurang aktif dalam belajar karena masih mengandalkan penjelasan guru, minat dan motivasi yang masih rendah walaupun guru telah menggunakn metode diskusi tapi tidak semua siswa terlibat aktif dalam diskusi, sebagian siswa tidak peduli dengan kelompoknya dan materi yang harus dikuasai kelompoknya sehingga nilai siswa menjadi rendah dan dibawah KKM. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan dan ranah keterampilan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) disertai media gambar kelas VIII di MTsN Gadung Surian Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randommized Control Group-Posttest Only Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Gadung Surian, Kabupaten Solok tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen kelas VIII 2, kelas kontrol kelas VIII 3. Data dianalisis dengan menggunakan Uji-t. Instrumen dalam penelitian ini pada pengetahuan berupa soal pilihan ganda melalui tes tertulis, instrumen pada ranah keterampilan berupa penilaian produk (laporan hasil diskusi). Berdasarkan hasil penelitian, pada penilian ranah pengetahuan didapatkan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 62.5 dan pada kelas kontrol 56.63. Hasil uji t didapatkan thitung =3.41 > ttabel =1,67, maka hipotesis (H1) penelitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% diterima. Pada penilaian keterampilan didapatkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 69,79 sedangkan pada kelas kontrol didapatkan nilai rata-rata 74,79. Hasil uji t didapatkan thitung =-2,19 < ttabel = 1,67, maka hipotesis (H1) penilitian ini dengan taraf kepercayaan 0,05% ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Group investigation disertai media gambar pada ranah pengetahuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sedangkan pada psikomotor tidak dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Gadung Surian, Kabupaten Solok.