Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning (SFE) Disertai Media Gambar Pada Siswa Kelas VII Di SMPN 41 Padang Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi

Main Author: Adetri, Novenni Bustami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6237/4/12010022%20ADETRI%20NOVENNI%20BUSTAMI%20%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6237/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6237/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6237/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6237/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain pembelajaran yang dilakukan umumnya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Selain menggunakan metode ceramah, guru juga menggunakan media papan tulis dan LKS (Lembar Kerja Siswa) sebagai sarana pendukung tetapi LKS kurang maksimal untuk dijadikan media karena pada LKS tersebut hanya terdapat ringkasan materidan gambarnya kurang jelas dan tidak berwarna sehingga siswa kurang berpartisipasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Student Facilitator And Explaning (SFE) disertai media gambar pada siswa kelas VII SMPN 41 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Postest-Only Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 41 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 yang tersebar dalam 4 kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaning (SFE) Disertai Media Gambar tidak terdapat perbedaan hasil belajar secara nyata pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor.