Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMP N 14 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Question Students Have (QSH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain Randomized Kontrol Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, yaitu dengan pengambilan secara acak dan didapatkan kelas VIII.6 dan VIII.8 sebagai kelas sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes akhir untuk melihat hasil belajar pada ranah kognitif dan lembar observasi untuk melihat hasil belajar pada ranah afektif. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji Mann Whitney karena data pada kelas eksperimen terdistribusi normal sedangkan kelas kontrol tidak terdistribusi normal tetapi kelompok data mempunyai varians homogen. Nilai rata-rata ranah kognitif kelas eksperimen adalah75,10 sedangkan kelas kontrol adalah 53,03. Hasil uji hipotesis untuk ranah kognitif diperoleh, Zhitung = 3,96 dan Ztabel = 0,997 maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Pada ranah afektif rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen adalah 80 sedangkan pada kelas kontrol 66 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar fisika siswa menerapkan strategi belajar aktif tipe question students have lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 14 Padang