Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di SMK Negeri 2 Pariaman
Main Author: | Yulni, Kasim |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6210/2/14100072-YULNI%20KASIM-SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6210/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6210/3/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6210/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6210/ |
Daftar Isi:
- Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Pembelajaran multimedia interaktif untuk siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and development), dengan desain pengembangan yang dipilih adalah menggunakan model pengembangan 4 - D. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut. (1) pendefenisian, (2) perancangan, (3) pengembangan, dan (4) penyebaran. Hasil penilaian oleh para ahli media ditinjau dari aspek (1) Kemudahan pengguna : 80%; (2) Kemenarikan tampilan: 85%; (3) Bahasa dan keterbacaan: 89%. Secara keseluruhan penilaian uji validator ahli media terhadap media pembelajaran multimedia interaktif berbasis web sebesar 84,62%. Untuk Ahli materi ditinjau dari aspek ketercapaian tujuan adalah 90,76%. Secara keseluruhan penilaian uji validator terhadap Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Web ahli media sebesar 84,62% sedangka n ahli materi sebesar 90,76%. Sehingga tingkat validitas dapat di interprestasikan Sangat Valid digunakan. Hasil penilaian uji kepraktisan ditinjaun dari aspek keadaan pengguna (menarik): 93%; efektifitas waktu pembelajaran: 87 %, manfaat: 90%. Secara keseluruhan penilaian kepraktisan terhadap media pembelajaran multimedia interaktif berbasis web pada mata pelajaran pemrograman dasar sebesar 89,88%, sehingga tingkat praktikalitasnya dapat di interprestasikan sangat praktis digunakan. Kesimpulannya, berdasarkan penilaian beserta masukan ahli serta hasil dari uji coba lapangan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis web sudah teruji kelayakan, keunggulan, dan dapat digunakan pada proses pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman dasar jurusan Multimedia di SMK Negeri 2 Pariaman. Kata kunci : Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pemrograman Dasar