Pengaruh Penerapan Teknik Dreadlines Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | Harifa, Yona |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/621/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/621/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/621/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/621/4/13050019%20HARIFA%20YONA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/621/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Dreadlines lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional, 2) mengetahui sikap disiplin dan tanggung jawab siswa dalam mengerjakan latihan matematika dengan menerapkan teknik Dreadlines. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan kelas XII IPA.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA.1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir berbetuk esai dan lembar observasi dengan r11 = 0,819. Teknik analisis data menggunakan uji t dan data observasi dengan analisis deskripsi. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 1,804 lebih besar dari ttabel = 1,678. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan teknik Dreadlines lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas XII IPA SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Analisis data lembar observasi diperoleh sikap disiplin dan tanggung jawab siswa menjadi meningkat dari pertemuan pertama dengan kriteria baik.