Pengembangan Media Pembelajaran Animasi pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Kelas X Di SMK N 2 Kecamatan Guguak

Main Author: Yuva, Wulandari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6208/1/14100062-YUVA%20WULANDARI-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6208/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6208/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6208/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6208/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh sistem pembelajaran yang pada dasarnya berpusat pada guru serta penggunaan media pembelajaran yang sederhana pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK N 2 Kecamatan Guguak. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran agar mampu merangsang pikiran, perasaan, minat dan perhatian serta membawa pengaruh psikologis pada siswa sehingga proses interaksi komunikasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Salah satunya yaitu dengan menggunakan media pembelajaran animasi. Hal ini dilakukan agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran animasi pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK N 2 Kecamatan Guguak. Berdasarkan hasil uji validitas 3 orang ahli media dan 2 orang ahli materi, penelitian ini memperoleh hasil 83,41% dan 80% dengan kriteria sangat valid. Sementara hasil uji praktikalitas kepada satu orang guru dan 24 orang siswa kelas X di SMK N 2 Kecamatan Guguak memperoleh hasil 88,53% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran animasi sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan pada mata pelajaran KKPI kelas X di SMK N 2 Kecamatan Guguak. Kata kunci : media pembelajaran, animasi, 4D, R&D