Penerapan Pembelajaran E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Di SMK 3 Pariaman

Main Author: Lina, Nadya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6205/4/14100053-LINA%20NADYA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6205/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6205/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6205/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6205/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap besarnya persentase penerapan Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di TKJ Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Pariaman Semester genap Tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3Pariaman pada 12 Juli 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJSMK Negeri 3 Pariaman. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalahteknik sampling jenuh. Yang terpilih menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X TKJA kelas eksperimen dan X TKJB sebagai kelas kontrol. Berdasarkanhasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,96, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 76,29. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α = 0,05 didapatkan thitung>t tabel, yaitu (2,907 >1, 677), karena t hitung besar dari t tabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.Ini berarti metode pembelajaran E-learning berpengaruh positif terhadap hasil belajarKomputer dan Jaringan Dasar siswa kelas X SMK Negeri 3 Pariaman