Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik, Kepuasan Kerja, Stres Kerja dan Moral Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMAN 4 Pariaman
Main Author: | Deka, Ahmad Solihin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6176/4/14090273%20-%20DEKA%20AHMAD%20SOLIHIN%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6176/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6176/2/KESIMPULAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6176/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6176/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh lingkungan kerjaa fisik terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman. 2) pengaruh kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman. 3) pengaruh stres kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman. 4) pengaruh moral kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru di SMAN 4 Pariaman yang berjumlah sebanyak 50 orang. Teknik pengambilan sampel dengan Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh signifikan terhadap lingkungan kerja fisik di SMAN 4 Pariaman dimana nilai koefisien sebesar 0.420 hal ini berarti adanya pengaruh yang positif lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru dengan thitung sebesar 3,682>ttabel sebesar 1,6765551 dengan nilai signifikan 0,001 < = 0,05. berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (2) terdapat pengaruh signifikan kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman dimana nilai koefisien sebesar 0.183 hal ini berarti adanya pengaruh yang positif kepuasan kerja thitung sebesar 5,157>ttabel sebesar 1,6765551 dengan nilai signifikan 0,000 <a= 0,05., berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) terdapat pengaruh signifikan stress kerja guru di SMAN 4 Pariaman dimana nilai koefesien sebesar 0,210 hal ini berarti adanya pengaruh yang positif stress kerja guru thitung sebesar 2,747>ttabel sebesar 1,6765551 dengan nilai signifikan 0,009 < = 0,05. (4) terdapat pengaruh signifikan moral kerja guru terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman dimana nilai koefisien sebesar 0,435 hal ini berarti adanya pengaruh yang posotif moral kerja guru thitung sebesar 2,246>ttabel sebesar 1,6765551 dengan nilai signifikan 0,030 <a= 0,05. (5) lingkungan kerja fisik guru, kepuasan kerja guru, stress kerja guru dan moral kerja guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SMAN 4 Pariaman. Dimana diperoleh nilai Fhitung 13,570> Ftabel 2,58 dan nilai signifikan 0,000 <a=0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyarankan kepada guru untuk meningkatkan kinerja dalam bekerja dan dapat berbaur dengan baik di dalam lingkungan kerja, meningkatkan kepuasan dalam bekerja, mampu menjaga tingkat stres dalam menhadapi beban kerja, serta menjaga moral yang baik dalam menjalankan tugas.