Pengaruh Kreativitas Belajar Siswa, Konsep Diri, Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kemandirian Belajar Siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Febrida, Warni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6174/4/14090267-%20FEBRIDA%20WARNI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6174/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6174/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6174/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kreativitas belajar terhadapkemandirian belajar, 2) pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar, 3)pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemandirian belajar,4) pengaruh lingkungan keluarga terhadap kemandirian belajar,5) pengaruh kreativitas belajar, konsep diri, kecerdasan emosional dan lingkungan keluargasecara bersama-sama terhadap kemandirian belajar. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan juli2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif assosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VII diSMP Negeri 1 Batang Anai. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 174 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar,dimana ditunjuk kan oleh nilai koefisien sebesar 0,153. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,677>ttabel sebesar 1,65392. Kedua konsep diri berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,550.Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung5,295>ttabel sebesar 1,65392. Ketiga kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar.Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,402. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung6,007>ttabel sebesar 1,65392. Keempatlingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,160. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung3,200>ttabel sebesar 1,65392.Kelima kreativitas belajar, konsep diri, kecerdasan emosionaldan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar,dimana diperoleh nilai Fhitung 118,193> Ftabel 2,27 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 <α = 0,05.Hal iniberarti Ha diterima dan H0ditolak. Untuk meningkatkan kemandirian belajar siswaharus meningkatkan kreativitas belajar, konsep diri, kecerdasan emosional dan lingkungan keluarga pada siswa kelas VII SMP N 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman.