Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Siswa kurang tertarik mengikuti pelajaran. Siswa kesulitan dalam pemilihan kosa kata yang baik untuk menulis teks anekdot. Siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot siswa sebelum dan sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Sijunjung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 yang berjumlah 35 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor kemampuan menulis teks anekdot sebelum menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan skor kemampuan menulis teks anekdot sesudah menggunakan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung. Penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMA N Sijunjung sebelum menggunakan model Contextual Teaching and Learning memperoleh nilai rata-rata 68,57 berada pada tingkat penguasaan 66 – 75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, kemampuan menulis teks anekdot sebelum menggunakan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung memperoleh nilai rata-rata 81,35 berada pada tingkat penguasaan 76 - 85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Contextual Teaching and Learning siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung karena thitung> tabel (3,35>1,70). Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) siswa kelas X SMA N 2 Sijunjung lebih baik daripada tanpa menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL).