Pengaruh Gaya Belajar, Motivasi Belajar, Teman Sebaya dan Pemberian Reward Guru terhadap Perilaku Belajar pada pembelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di MAN Balai Selasa, Kecamatan Ranah Pesisir, Kab. Pesisir Selatan

Main Author: Apridal, Mayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6169/4/14090262%20-%20APRIDAL%20MAYU%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6169/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6169/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6169/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6169/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh gaya belajar terhadap perilaku belajar. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap perilaku belajar. 3) pengaruh teman sebaya terhadap perilaku belajar 4) pengaruh gaya belajar, motivasi belajar, teman sebaya dan pemberian reward guru secara bersama-sama terhadap perilaku belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN Balai Selasa. Sampel berjumlah 55 orang dengan teknik pengambilan sampel berupa Total Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar, dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,363 dan nilai thitung sebesar 7,301 lebih besar dari nilai ttabel 1.6752 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Kedua motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar, dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,160 dan nilai thitung sebesar 6.691 lebih besar dari nilai ttabel 1.6752ndengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Ketiga Teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar, dimana diperoleh nilai koefisien sebesar 0,168 dan nilai thitung sebesar 2.738 lebih besar dari nilai ttabel 2,04227 dengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Keempat Pemberian reward guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar, dimana diperoleh ilai koefisien sebesar 0,244 dan nilai thitung sebesar 4.678 lebih besar dari nilai ttabel 1.6752, berdengan nilai signifikan 0,005 < 0,05. Kelima gaya belajar, motivasi belajar, teman sebaya dan pemberian reward guru secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku belajar, dimana diperoleh nilai Fhitung (45.473) > Ftabel (2.55) dan nilai signifikan 0,005 <0,05. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, Pertama diharapkan kepada sekolah MAN Balai Selasa untuk lebih memperhatikan perilaku siswa dalam belajar sehingga tercapai target yang di harapkan sekolah. Kedua diharapkan kepada sekolah untuk lebih memberikan arahan yang lebih membangun krakter siswa yang sesuai dengan kurikulum pemerintahan. Ketiga diharapkan kepada sekolah untuk membuat siswa untuk lebih memberikan dampak yang baik dalam bergaul baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah sehingga memcerminkan akhlak yang baik pada lingkungan sosialnya.