Pengaruh Disiplin Belajar, Cara Berfikir Logis, Lingkungan Teman SebayaDan Perhatian Orang TuaTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 12 Padang

Main Author: Monika, Srihandayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6162/4/14090245%20MONIKA%20SRIHANDAYANI%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6162/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6162/2/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6162/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6162/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap hasil belajar, 2) pengaruh cara berfikir logis secara parsial terhadap hasil belajar, 3) pengaruh lingkungan teman sebaya secara parsial terhadap hasil belajar,4 ) pengaruh perhatian orang tua secara parsial terhadap hasil belajar, 5) pengaruh disiplin belajar, cara berfikir logis, lingkungan teman sebaya, perhatian orang tua secaras timultan terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas X SMA Negeri 12 Padang.Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah 84 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Uji hipotesis menggunakan Regresi Linear Berganda dan dengan uji t danuji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai koefisien adalah 0,202 dengan thitung1,716.(2) cara berfikir logis berpengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar terutama orang tua pendidikan tinggi karena koefisiennya adalah 0,814 dengan thitung4,166. (3) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan pada hasil belajar terutama orang tua pendidikan rendah karena koefisiennya adalah 0,865 dengan thitung7,300. (4) perhatian orang tua berpengaruh positif dansignifikan pada hasil belajar terutama orang tua pendidikan tinggi karena koefisiennya adalah 0,510 dengan thitung2,440.