Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Guru dalam Mengajar, Fasilitas Belajar, dan Perhatian Orang Tua serta Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA DM Triguna Padang

Main Author: Cessy, Wahyuni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6160/4/14090243%20-%20CESSY%20WAHYUNI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6160/3/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6160/1/KESIMPULAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6160/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6160/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh keterampilan guru mengajar secara parsial terhadap motivasi belajar siswa, 2) pengaruh fasilitas belajar secara parsial terhadap motivasi belajar siswa, 3) pengaruh perhatian orang tua secara parsial terhadap motivasi belajar siswa, 4) pengaruh keterampilan guru mengajar secara parsial terhadap efektivitas belajar siswa, 5) pengaruh fasilitas belajar secara parsial terhadap efektivitas belajar siswa, 6) pengaruh perhatian orang tua secara parsial terhadap efektivitas belajar siswa. 7) pengaruh motivasi belajar secara parsial terhadap efektivitas belajar siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa-siswi kelas XI SMA DM Triguna Padang yang berjumlah 82 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji analisis jalur dan uji hipotesa dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) variabel keterampilan guru diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,364. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,916> tTabel (1,991) (2) variabel fasilitas belajar diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,223. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,334> tTabel (1,991),, (3) variabel perhatian orang tua diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,288. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,268> tTabel (1,986). (4) variabel keterampilan guru mengajar diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,265. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,870> tTabel (1,991), (5) variabel fasiltas belajar diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,332. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 3,702> tTabel (1,991), (6) variabel perhatian orang tua diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,194. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,066> tTabel (1,991), (7) variabel motivasi belajar diperoleh nilai koefisien jalur sebesar 0,224. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung sebesar 2,178> tTabel (1,991), berarti H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap efektivitias belajar siswa. Disarankan bagi siswa untuk selalu membiasakan diri menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan tepat waktu sehingga tidak tertinggal pada pelajaran lainnya dan memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif didalam kelas dan guru harus menggunakan media yang menarik untuk siswa dan orang tua juga berperan penting dalam membantu menyiapkan buku anak kesekolah dan siswa harus selalu menyiapkan secara cepat tugas yang diberikan guru dengan penuh tanggungjawab, sehingga hal tersebut bisa menjadi kebiasaan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas diberikan guru.