Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN 2 Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Vivi, Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/616/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/616/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/616/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/616/4/13050017%20VIVI%20HANDAYANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/616/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah, kurangnya minat siswa dalam belajar dan kerja kelompok siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 2 pesisir selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII4 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah kelas VIII5. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,866. Pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan memiliki variansi yang homogen pada taraf nyata 0,05 . Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 2,227 artinya lebih besar dari ttabel = 1,675 maka tolak H0. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN 2 pesisir selatan